Fakultas Teknik UNSRI

Sejarah, Profil, Visi & Misi Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya dari awal berdiri hingga sekarang.

Sejarah Fakultas Teknik UNSRI

Universitas Sriwijaya didirikan berdasarkan PP Nomor 42 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960 (Lembaran Negara Tahun 1960 Nomor 135), dan diresmikan pada 3 November 1960 dalam suatu upacara penandatanganan piagam pendirian oleh Presiden Soekarno. Salah satu syarat pokok yang harus dipenuhi untuk dapat berdirinya universitas negeri adalah adanya satu fakultas eksakta, untuk itu pada bulan November 1959 pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti bekerjasama dengan pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) membentuk suatu panitia yang diketuai oleh Ir. Indratjaja untuk merintis berdirinya Fakultas Teknik. Sesuai pengarahan Biro Koordinasi Perguruan Tinggi (BPPT) Kementerian PPK, maka pada tanggal 9 Februari 1960 dibentuklah Panita Persiapan Fakultas Teknik yang diketuai oleh Prof. Mr. Dr. Hazairin, dan Panitia Teknis Fakultas Teknik yang diketuai oleh Ir. Indratjaja.

Setelah melalui berbagai upaya, berhasillah didirikan Fakultas Teknik pada tanggal 1 Oktober 1960 yang peresmiannya dilakukan dalam suatu “upacara” sangat sederhana yang hanya dihadiri oleh 3 (tiga) orang, yaitu R.A. Rani (Sekretaris Panitia Persiapan), Ir. Moeljadi Priambodo, dan Ir. Sentot Alibasya (anggota Panitia Teknis) sekaligus memberikan kuliah umum pertama dengan judul “Mekanika Teknik”.

Dengan telah hadirnya Fakultas Teknik, maka lengkaplah persyaratan fakultas (dua eksakta dan satu sosial) untuk dapat berdirinya Universitas Negeri Sriwijaya. Pada saat berdirinya baru ada dua Bagian (kini Jurusan) yaitu Teknik Sipil dan Teknik Tambang. Pada tahun ajaran 1964/1965, dengan Surat Keputusan Rektor Unsri dibuka lagi Jurusan Teknik Kimia. Pada tahun ajaran 1977/1978 atas permintaan masyarakat di Sumatera Selatan dan kalangan industri di kawasan Palembang, dibuka lagi Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknik Mesin. Dengan demikian sejak itu Fakultas Teknik Unsri mempunyai lima jurusan.

Mulai tahun 1992/1993 Fakultas Teknik menerima mahasiswa alih program secara reguler untuk semua jurusan. Pada tahun 1994/1995 menerima mahasiswa program ekstensi yang berasal dari jalur D-III/ Politeknik/ Akademi Teknik. Pada tahun 1996/1997, penerimaan mahasiswa program ekstensi diperluas dari lulusan SLTA. Pembukaan program ekstensi tersebut berdasarkan S.K. Dirjen Dikti Nomor 409/DIKTI/Kep/1996 tgl 5 Agustus 1996, dan kemudian pada tahun akademik 2001/2002 dibuka juga program studi strata satu Arsitektur.

Program Pascasarjana (PPs) Unsri mulai berdiri tahun akademik 1999/2000, telah membuka Program Studi Teknik Kimia dalam bidang Ilmu Teknologi Energi. Pada tahun akademik 2001/2002, Program Pascasarjana Unsri membuka pula Program Studi Teknik Sipil, dalam bidang Ilmu Manajemen Infrastruktur dan Manajemen Sumberdaya Air. Pada tahun akademik yang sama itu pula Program Studi Teknik Kimia mengembangkan diri dengan membuka bidang ilmu Teknologi Lingkungan.

Perkuliahan Program Sarjana Strata satu reguler pada awalnya dilakukan di kampus Bukit Besar Palembang, tetapi sejak tahun 1995, perkuliahan dan kegiatan lainnya dilakukan di Kampus Inderalaya – OI, KM 32. Penerimaan mahasiswa untuk Kampus Indralaya dilakukan secara nasional, sedangkan Kampus Palembang juga menyelenggarakan program strata satu melalui jalur penerimaan mahasiswa yang dilaksanakan secara mandiri.

Sejak tanggal 10 Januari 2011 pengelolaan akademik dan keuangan program Pasca Sarjana Unsri dialihkan ke Fakultas berdasarkan SK No. 0015/UN9/KP/2012. Dengan demikian Program Studi Magister Teknik Kimia, Program Studi Magister Teknik Sipil, Program Studi Magister Teknik Mesin (dibuka tahun 2011), dan Program Studi Magister Teknik Pertambangan (dibuka tahun 2012) dikelola di bawah Fakultas Teknik. Program Doktor Ilmu Teknik (dibuka tahun 2014).

459

TENAGA PENGAJAR

192

DOKTOR

132

TENAGA PENGAJAR MUDA

40+

TAHUN PENGALAMAN

Visi Fakultas Teknik UNSRI

Visi Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya adalah “Menjadi Fakultas Teknik terkemuka berbasis riset yang unggul dalam memiliki, menguasai, dan mengembangkan keahlian di bidang keteknikan pada tahun 2025”.

Misi Fakultas Teknik UNSRI

Menghasilkan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, yang menguasai IPTEKS dalam bidang keteknikan serta mampu mempergunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi bidang keteknikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan senantiasa meningkatkan pemerataan dan perluasan akses, mutu, relevansi dan daya saing serta governance, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Berperan serta aktif dalam penelitian bidang keteknikan untuk menghasilkan pendekatan pemecahan masalah nasional dan global melalui kolaborasi riset dengan perguruan tinggi lain dan lembaga riset terkemuka di dalam dan luar negeri.

Prof. Dr.Eng. Ir. H. Joni Arliansyah, MT

Dekan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

“Menjadi Fakultas Teknik terkemuka berbasis riset yang unggul dalam memiliki, menguasai, dan mengembangkan keahlian di bidang keteknikan pada tahun 2025 .”

FT UNSRI

Siap menjadi Mahasiswa Terbaik dari Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya ? Segera daftarkan diri Anda.